Tetikus

Blog untuk belajar bahasa inggris dengan mudah, bisnis dengan modal minim, berbagi info wisata dan kesehatan serta informasi lowongan pekerjaan

Pengertian dan Jenis Jenis Verb Dalam Bahasa Inggris


Apa itu Verb?


Verb dalam bahasa Indonesia adalah Kata Kerja. Kata kerja merupakan kata yang menunjukkan kegiatan atau aksi dari seseorang atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Subject.

Jenis-jenis Verb:


1. Action Verb

Action Verb merupakan kata kerja yang berfungsi menunjukkan aktivitas (activity), dan proses yang dilakukan oleh subject dalam kalimat yang bersangkutan. Karena action verb cenderung pada bentuk proses yang sedang berlangsung, action verb ini biasa ditandai dengan bentuk Verb+ing. Contoh: 
  1. Anne is washing her bike. (Anne sedang mencuci sepedanya)
  2. They are eating noodle in the restaurant. (Mereka sedang makan mie di restoran)

2. Transitive Verb

Transitive Verb merupakan kata kerja yang memerlukan object dalam kalimatnya karena kata kerja ini tidak bisa berdiri sendiri. Jika dalam pembuatan kalimat hanya terdiri dari Subjek dan Predikat saja sudah cukup, tapi jika kalian menempatkan Transitive Verb dalam kalimat, maka ia harus diikuti oleh objek.

Contoh:

Kalian tidak dibenarkan jika membuat kalimat:

She drinks … (dia {perempuan} minum)

Seperti yang kalian lihat pada contoh diatas, kalimat tersebut terdengar janggal. Jika kita diberi kalimat seperti itu maka kita akan bertanya lagi "minum apa?" oleh karena itu, kata "drink" harus diikuti dengan objek dan kalimat yang benar akan menjadi:

She drinks water. (dia {perempuan} minum air)

Transitive verb lainnya yaitu enjoy, find, need, make, love, like, buy, sell, give, borrow, take, watch, see, hold, eat, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pengertian dan Jenis Jenis Verb Dalam Bahasa Inggris

3. Intransitive Verb

Intransitive Verb adalah lawan dari Transitive Verb. Intransitive verb tidak memerlukan objek jika ditempatkan dalam kalimat karena kata kerja ini dapat berdiri sendiri dan memiliki arti.
Contoh kata kerja Intransitive adalah come, die, sit, stand, cry, sleep, laugh, dan lain sebagainya.

Contoh kalimat:
The teacher comes. (Guru datang)
They are standing. (Mereka sedang berdiri)

Namun, ada juga kata kerja yang dapat dikategorikan sebagai Transitive Verb begitu juga Intransitive Verb, seperti contoh:

Transitive Verb Intrasitive Verb
They sing a song together. They sing.
He writes a letter for his mother He is writing.

4. Linking Verb

Linking berarti penghubung. Jadi linking verb adalah kata kerja yang berfungsi sebagai penghubung antara Subject dengan pelengkapnya atau bisa kita bilang Compliment (keterangan). Linking verb terletak setelah Subject dan sebelum Compliment. Linking Verb dapat berupa is, am, are, was, were, do, become, seem, been, look, smell, keep, stay, sound, feel, dan lain sebagainya.

Contoh kalimat:
  1. They are intelligent people. (Mereka adalah orang-orang terdidik)
  2. She looks happy because of her present. (Dia terlihat sangat senang karena hadiahnya).