Tetikus

Blog untuk belajar bahasa inggris dengan mudah, bisnis dengan modal minim, berbagi info wisata dan kesehatan serta informasi lowongan pekerjaan

Penggunaan Article a, an, the dalam Bahasa Inggris

Article adalah sebuah penanda dalam kalimat yang menunjukkan jenis kata setelahnya adalah kata benda (Noun) dalam bahasa Inggris. Article juga sering disebut dengan determiner. Penggunaan article haruslah ditempatkan sebelum kata benda. Article yang dimaksud disini adalah a, an, dan the. Penggunaan ketiga artikel ini dapat dibedakan menurut konteks dimana kalian sudah mengetahui benda tersebut secara spesifik atau tidak. Article sudah pasti diikuti dengan kata benda karena Noun tidak bisa berdiri sendiri.

Article terdiri atas tiga bagian yaitu a, an, dan the. The merupakan definite article. A dan an merupakan indefinite article. Penggunaan kedua article ini tentu berbeda. Penggunaan the ditujukan untuk benda yang kalian sudah mengetahui benda tersebut secara spesifik. Namun, jika kita menggunakan a atau an, maka kita tidak tahu pasti benda tersebut secara spesifik.

Misalnya, “Let’s go to the beach.” Dalam kalimat tersebut, antara pembicara dan pendengar sudah tahu pasti pantai mana yang akan mereka tuju. Tapi, jika kalimatnya seperti “Take a book, please.” Dalam kalimat tersebut, jika kalian yang menerima perintah, kalian bisa mengambil buku mana saja dimana artinya kalian tidak mengetahui benda tersebut secara spesifik.

Klasifikasi A dan An


"a" berarti sebuah, seekor, sebatang, sepucuk, dan lainnya. Jadi kalian hanya bisa menggunakan article a jika ingin menunjukkan benda tersebut berjumlah satu, tidak lebih. Penggunaan article a harus digunakan pada kata benda dimana kata benda tersebut berawalan huruf konsonan. Terdapat pengecualian dimana jika sebuah kata diawali dengan huruf vokal namun ketika kita mengucapkannya terdengar seperti huruf konsonan, maka kata benda tersebut tetap menggunakan article a, seperti a university, a unit dan a user. Ketiga contoh kata tersebut jika diucapkan dengan awalan "yu".

Contoh penggunaan a:


I have a bag. (Saya memiliki sebuah tas)
Dapat kalian lihat, kata "bag" diawali dengan huruf  "b" dimana b merupakan huruf konsonan.

Contoh lainnya:
They eat a banana. (Mereka makan sebuah pisang)
We see a giraffe in the zoo. (Kami melihat seekor jerapah di kebun binatang)
She sends a letter. (Dia mengirim sepucuk surat)

"an" memiliki arti yang sama dengan "a". Hanya saja, artikel an digunakan pada kata benda yang berawalah huruf vokal dan ada pengecualian pada huruf "h" dimana kata benda berawalan huruf h menggunakan article an.

Contoh penggunaan an:


I want an apple. (Saya ingin sebuah apel)
My mother cooks an egg for breakfast. (Ibuku memasak telur untuk sarapan)
We love seeing an elephant in the zoo. (Kami senang melihat seekor gajah di kebun binatang)


Penggunaan a/an Secara Lebih Rinci


Every morning, my father reads a newspaper at the terrace. (Dalam kalimat ini, surat kabar yang disampaikan tidaklah spesifik. Bisa jadi surat kabar domestik atau internasional)

We need a cake to buy for her birthday. (Kalimat ini juga menunjukkan bahwa mereka bisa saja membeli jenis kue manapun. Entah itu kue coklat, strawberry atau vanilla karena mereka tidak menyebutkannya secara spesifik).

Every Sunday, I bring the book to the school and read it when there is a free class. (Dalam kalimat ini dapat kita asumsikan bahwa orang tersebut membawa sebuah buku pasti yang selalu ia bawa ke sekolah pada hari Senin untuk dibaca. Dalam kata lain, kita mengetahui bahwa buku yang dimaksud adalah buku jenis tertentu).

I watch the movie every night with my sister in the living room. (Film yang dibicarakan disini sudah jelas maksudnya. Entah itu film action, komedi, atau horror dimana pembicara disini lakukan setiap malam bersama saudaranya di ruang tamu).

Jadi intinya, penggunaan the dalam kalimat entah lisan atau tulisan mengacu pada sesuatu yang spesifik. Jika itu sebuah buku, maka pembicara tahu buku yang dimaksud, seperti judul buku tersebut.

Namun, tidak semua kata benda bisa kalian tambahkan article the, terutama pada sistem geografi seperi:
  1. Nama negara atau wilayah (missal Indonesia, America, South Korea)
  2. Nama ibu kota atau kota (London, Paris, Jakarta)
  3. Jalan (Lakeview Avenue, Folklore Street, Kingdom Street)
  4. Danau (Toba Lake, Batur Lake, Tamblingan Lake)
  5. Gunung (Mount Agung, Mount Jaya Wijaya, Mount Everest)
  6. Benua (Asia, Australia, Africa)
  7. Pulau (Bali, Sumatra, Kalimantan)