Tetikus

Blog untuk belajar bahasa inggris dengan mudah, bisnis dengan modal minim, berbagi info wisata dan kesehatan serta informasi lowongan pekerjaan

3 Langkah Awal Agar Bahasa Inggris Lancar

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional saat ini. Bagi kalian yang ingin menguasai bahasa ini mungkin bingung darimana harus memulai, apa saja yang harus dilakukan, dan lain sebagainya. Disini kami akan memberi kalian tips tentang 3 langkah awal agar bahasa Inggris kalian lancar.


Pertama, mendengar musik.

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah biasakan telinga kalian mendengar bahasa asing. Kalian bisa mulai dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Dalam lagu memang artikulasi bahasa kurang jelas, tapi kalian bisa menikmati bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, variasi cepat dan lambatnya kata yang kalian dapatkan dari lagu bisa bermanfaat untuk kalian.

Untuk pemula, kalian bisa mendengarkan lagu dengan membaca liriknya. Selain lagu, kalian juga bisa mendengar rekaman-rekaman akademik mengenai percakapan sehari-hari (daily conversation) tentang bagaimana percapakan sehari-hari, apa yang mereka katakan ketika menyapa seseorang dan ketika berpisah dengan seseorang.


Kedua, menonton film.

Dari film berbahasa asing, kalian akan mendapat berbagai macam dialek dan aksen yang digunakan oleh aktor di dalamnya. Dalam film, kalian juga akan belajar grammar dan penggunaan kata yang tepat sesuai dengan konteksnya.

Kalian akan mendapat peribahasa dan idiom dalam bahasa Inggris yang akan menambah wawasan kalian. Usahakan untuk menonton film dengan subtitle bahasa Inggris karena tujuan kalian adalah bahasa asingnya.

Jika kalian menonton film berbahasa asing dengan subtitle bahasa Indonesia, maka akan sia-sia saja. Catat kata-kata yang tidak kalian mengerti kemudian pelajari kalimatnya. Dalam film, kalian akan menemukan banyak kalimat candaan, hinaan, rayuan, dan lain sebagainya yang mungkin tidak kalian temukan pada percapakan biasa karena dalam film, semuanya sesuai dengan konteks. Perhatikan juga aksen yang mereka gunakan karena dalam bahasa Inggris kalian bisa menemukan American dialect dan British dialect.


Terakhir, praktekkan.


Jika kalian telah melakukan dua langkah diatas tanpa praktek apapun, maka kalian tidak akan berhasil. Praktek adalah kunci penting. Setelah kalian terbiasa mendengar dan membaca kalimat dalam bahasa Inggris, maka saatnya kalian untuk mempraktekkan sendiri.

Jangan terlalu hiraukan tatanan kata yang benar di awal, yang kalian butuhkan hanya keberanian. Tapi, jangan pernah mengabaikan kesalahan yang kalian gunakan. Temukan partner yang tepat, yang akan mendukung kalian dalam hal ini.

Jadikan hinaan sebagai motivasi untuk diri kalian sendiri. Jangan terlalu perduli dengan apa yang orang lain katakan. Jika kalian tidak terlalu nyaman untuk praktek dengan orang lain, maka kalian bisa praktek dengan diri sendiri.

Jika kalian menonton film, kalian bisa menjawab apa yang aktor atau aktrisnya katakan dalam film tersebut. Biasakan lidah kalian dengan bahasa asing, setelah kalian terbiasa, maka perhatikan pengucapan yang benar pada satu kata dengan kata yang lain karena dalam bahasa Inggris satu pengucapan bisa mengacu pada banyak kata yang berbeda dan jika kalian mengucapkannya dengan salah, maka akan berbeda lagi arti dari kalimat yang kalian ucapkan.

Penutup

Sekian tips yang bisa kami berikan bagi kalian yang ingin belajar bahasa Inggris. Dari semuanya, yang paling penting adalah niat atau keinginan. Jika kalian tidak benar-benar ingin, maka kalian akan berhenti di tengah jalan. Bahasa Inggris cukup susah untuk dimengerti, tidak seperti bahasa Indonesia. Tapi, jika kalian memang benar menginginkannya, sesulit apapun itu, kalian pasti bisa fasih berbahasa Inggris. Semoga bermanfaat!