Tetikus

Blog untuk belajar bahasa inggris dengan mudah, bisnis dengan modal minim, berbagi info wisata dan kesehatan serta informasi lowongan pekerjaan

5 Fakta Unik Tentang Coklat

Coklat merupakan suatu makanan yang banyak disukai oleh semua kalangan. Namun, disamping rasanya yang enak, banyak mengundang kabar yang tidak pasti. Berikut fakta coklat yang harus kamu ketahui.

Konsumi Coklat Tidak Bikin Gemuk


Kita pasti sudah tidak asing dengan kabar coklat yang katanya Bikin Gemuk. Nyatanya anggapan tersebut salah. Fakta yang sebenarnya, coklat tidak membuat kalian gemuk asalkan kalian mengkonsumsi coklat dengan wajar dan tidak berlebihan. Terdapat sebuah panduan dari Departemen Kesehatan di Australia (1998) mengenai pola makan sehat menyatakan bahwa kebanyakan orang dapat mengkonsumsi makanan dalam jumlah kecil sebagai makanan tambahan sebagai bagian dari diet yang sehat, dan coklat merupakan salah satu makanan sehat. Jadi, buat kalian yang lagi diet, masih boleh kok makan coklat!


Coklat Mengandung Banyak Nutrisi


Jika kalian berpikir bahwa coklat hanya mengandung lemak dan gula, kalian salah. Coklat juga mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan. Dalam sekotak coklat dengan berat 50mg mengandung 0,65mg seng, 0,75mg zat besi, 125mg kalsium, 28mg magnesium, dan masih banyak lagi. Komponen dasar coklat yaitu cocoa, mengandung antioxidant dalam jumlah besar. Sama dengan jumlah antioxidant pada anggur merah. Antioxidant dikenal sebagai suatu senyawa yang membantu tubuh kita melawan penyakit.


Memakan Coklat Baik untuk Otak


Fakta coklat berikutnya yaitu baik untuk otak. Berbagai kandungan yang ada pada coklat berdampak positif pada kinerja otak. Penelitian ilmiah menyatakan bahwa mengkonsumsi coklat dapat memicu pelepasan endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit juga meningkatkan suasana hati seseorang atau membuat bahagia. Maka dari itu, banyak orang yang merasa dirinya menjadi lebih tenang setelah memakan coklat. Kalau kalian sedih, coklat bisa jadi alternatifnya.


Makan Coklat Tidak Bikin Jerawat


Banyak orang, terutama wanita takut mengkonsumsi coklat karena katanya bisa bikin jerawat. Anggapan itu salah! Coklat tidak ada kaitannya dengan jerawat yang timbul. Penyebab jerawat ada banyak. Bisa karena hormon atau kondisi kulit yang kotor. Mengkonsumsi coklat tidak akan membuat kalian jerawat. Tubuh kita memiliki sebum, sebuah substansi berminyak yang akan mengalir secara alami ke permukaan kulit. Jika aliran ini tersumbat, sebum yang mengalir akan tersumbat, otomatis menyebabkan jerawat. Penelitian juga sudah membuktikan bahwa coklat tidak menyebabkan jerawat.


Baik Untuk Aktivitas


Fakta coklat yang terakhir yaitu baik untuk kalian yang memiliki aktivitas yang padat. Coklat mengandung karbohidrat dan energi yang tinggi sehingga kalian yang tergolong sibuk dapat mengkonsumsi coklat sebagai makanan ringan.

Begitu banyak fakta coklat yang selama ini mungkin kalian anggap salah. Coklat tidak selamanya membawa penyakit melainkan banyak nutrisi yang bisa kita dapatkan. Semua nutrisi baik tersebut dapat kalian dapatkan hanya bila kalian mengkonsumsi coklat dalam jumlah yang wajar.