Tetikus

Blog untuk belajar bahasa inggris dengan mudah, bisnis dengan modal minim, berbagi info wisata dan kesehatan serta informasi lowongan pekerjaan

Sangat Berbeda dengan Indonesia Berikut 6 Budaya Unik Di Jepang

Jepang terkenal dengan segala keunikannya. Mulai dari gaya berpakaian, tata karma, dan budaya mereka yang tentu banyak berbeda dengan kita di Indonesia. Jika kalian ingin berkunjung atau menetap di Jepang, mungkin informasi ini akan berguna.

Tidak Boleh Boncengan


Sepeda di Jepang tidak boleh digunakan untuk boncengan, kecuali yang memboncengnya sudah berusia 16 tahun dan anak yang dibonceng berusia kurang dari 1 tahun. Kalaupun harus boncengan, hanya diperbolehkan satu orang. Bila kalian melanggar, maka kalian akan kena denda sebesar maksimal 20 ribu yen atau kira-kira 2 juta rupiah. Besar ya!


Pacaran Hemat


Budaya pacaran di Jepang jauh lebih hemat dari di Indonesia. Traktir-men-traktir bukanlah budaya mereka. Jika kalian ingin kencan dengan pacar kalian, maka kalian harus siapkan uang sediri, untuk diri sendiri. Jadi, selama kalian belum terikat dengan yang namanya hubungan suami istri, gak ada tuh yang namanya traktir. Selain itu, antar jemput pacar juga bukanlah budaya mereka. Jika ingin pergi bersama, mereka akan bertemu di stasiun.


Jangan Main ke Rumah


Orang di Jepang menganggap bertamu kerumah adalah hal yang kurang sopan. Jadi jangan sekali-kali kalian berani datang kerumah teman kalian jika kalian tidak diijinkan, meskipun kalian teman dekat.


Mengecek Perkiraan Cuaca


Budaya ini mungkin jarang digunakan di Indonesia, tapi di Jepang, sebelum mereka memutuskan untuk keluar rumah, mereka pasti akan mengecek perkiraan cuaca dan biasanya hal tersebut 90% akurat. Budaya ini tidak hanya digunakan di Jepang, melainkan juga di Korea. Oleh karena itu, jangan heran jika kalian melihat banyak orang di Jepang membawa payung karena mereka sudah memprediksi apakah akan turun hujan atau tidak.


Atheis


Budaya orang di Jepang tidak menganut agama, sangat berbeda dengan di Indonesia ya! Mayoritas dari mereka tidak percaya dengan adanya Tuhan. Meskipun demikian, mereka sangat disiplin dan taat akan peraturan. Karena itu, Jepang dapat menjadi negara maju.


Posisi Saat di Eskalator


Di Jepang, jika kalian naik eskalator, kalian harus berdiri di sebelah kiri eskalator. Sisi kanan eskalator hanya untuk orang yang buru-buru. Jangan sekali-kali kalian berdiri di kanan jika tidak langsung masuk eskalator. Juga, kalian harus membiarkan orang keluar dari eskalator terlebih dahulu. Setelah itu baru kalian boleh masuk.

Itulah 6 budaya unik di Jepang yang perlu kalian ketahui. Semoga membantu!