Tetikus

Blog untuk belajar bahasa inggris dengan mudah, bisnis dengan modal minim, berbagi info wisata dan kesehatan serta informasi lowongan pekerjaan

5 Dampak Buruk Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan

Makanan adalah suatu kebutuhan pokok bagi manusia. Di jaman yang serba cepat dan instan seperti sekarang, tidak sedikit dari kita yang lebih memilih makanan cepat saji karena tuntutan pekerjaan dan lain sebagainya. Makanan cepat saji, selain mudah didapat juga memiliki rasa yang enak. Namun, dibalik rasanya yang enak, makanan cepat saji membawa banyak dampak buruk bagi tubuh kita. Inilah artikel yang membahas 5 dampak buruk makanan cepat saji bagi kesehatan. 

Pertama, kalori berlebih. 


Masing-masing dari kita memiliki kebutuhan kalori yang berbeda tiap harinya, tergantung pada berat badan, umur, dan intensitas olahraga kalian setiap hari.
Jika kita mengkonsumsi kalori kurang dari kebutuhan kita per hari, maka tubuh kalian akan terasa lemas, namun jika kalori yang kalian konsumsi berlebih, maka akan menyebabkan obesitas.
Dalam satu porsi makanan cepat saji sudah mengandung 500-1000 kalori, bahkan lebih.
Jika kalian adalah tipe orang yang aktif dan rajin berolahraga setiap harinya, maka mungkin makan makanan cepat saji satu kali dalam sehari tidak masalah. Namun, lain halnya jika kalian adalah tipe orang yang malas, makanan cepat saji bukanlah pilihan. 

Kedua, kerusakan hati. 

Kebanyakan makanan cepat saji adalah makanan yang digoreng, mengandung lemak, msg dan berbagai zat buruk yang berlebih.
Lemak trans yang digunakan saat proses penggorengan makanan cepat saji memang dapat membuat makanan jadi lebih tahan lama namun tentu merugikan kesehatan.
Tubuh kita sudah secara alami mengandung zat yang tidak berguna. Jika kita tambah lagi dengan makanan cepat saji, efek buruknya hati akan bekerja lebih keras untuk menyaring dan membersihkan racun-racun dalam tubuh. Lama kelamaan, hati kalian akan rusak dan penyakit organ penting lain juga akan mengikuti. 

Ketiga, penyakit kardiovaskular. 


Masih dengan kandungan lemak trans yang tinggi pada makanan cepat saji, tidak hanya hati, juga akan berdampak pada jantung kalian.
Lemak trans atau lemak jenuh akan meningkatkan kolesterol dalam darah.
Lemak yang terus-menerus masuk akan mengendap dalam pembuluh darah kalian dan menyebabkan plak.
Semakin banyak lemak yang mengendap maka saluran pembuluh darah kalian menjadi semakin sempit.
Lama-kelamaan pembuluh darah kalian akan tersumbat. Bisa kalian bayangkan bukan jika tidak ada pasokan darah ke otak atau tubuh kalian?
Kalian bisa mati dalam hitungan detik.
Penyakit jantung cenderung tidak memiliki gejala. Itulah mengapa ada orang yang sedang berolahraga, tiba-tiba tumbang, dan meninggal. Jadi kalian harus lebih hati-hati.

Keempat, gangguan pencernaan. 


Makanan cepat saji jauh dari kata sehat. Kunci badan yang sehat berada pada usus yang bersih dan sehat.
Makanan cepat saji sebagian besar hanya mengandung zat tidak baik bagi tubuh dan hanya akan membuat usus kalian kotor.
Salah satunya adalah serat. Makanan cepat saji miskin serat. Hal pertama yang mungkin kalian akan alami adalah susah buang air besar.
Tapi jangan pernah kalian remehkan masalah buang air besar. Dalam sehari, setidaknya kalian harus buang air besar satu kali.
Masing-masing organ tubuh kita sudah memiliki jadwalnya sendiri kapan mereka harus membuang toksin dan racun dalam tubuh, oleh karena itu kalian harus buang air besar. Jika tidak, akan menjadi masalah serius.

Kelima, menurunnya fungsi otak.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Brain, Behavior, and Immunity menjelaskan bahwa satu minggu mengkonsumsi makanan cepat saji dapat mengganggu memori kalian.
Mereka menyimpulkan bahwa lemak jahat yang terkandung dalam makanan cepat saji cenderung akan menggantikan lemak sehat yang ada di otak.
Hal ini mengakibatkan penurunnya kinerja otak.
Hal yang paling sederhana yang dapat kalian rasakan mungkin menurunnya kemampuan kalian dalam menyerap informasi dan susah berkonsentrasi. Untuk itu, bagi para ibu, jangan biasakan anak mengkonsumsi makanan cepat saji sejak dini, karena akan mengganggu kinerja otak mereka.

Penutup


Bagi kalian yang mungkin sudah terlanjur kecanduan makanan cepat saji, coba pikirkan tubuh kalian. Kalian memerlukan tubuh yang sehat untuk beraktifitas sehari-hari, bukan?
Cobalah perlahan beralih ke makanan sehat dan masak makanan kalian sendiri. Selain makanan, bantu juga tubuh kalian dengan olahraga yang cukup.
Itulah semua dampat buruk atau efek negatif dari mengkonsumsi makanan cepat saji bagi kesehatan, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan.