Tetikus

Blog untuk belajar bahasa inggris dengan mudah, bisnis dengan modal minim, berbagi info wisata dan kesehatan serta informasi lowongan pekerjaan

Penggunaan To dan For Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh Kalimat

Penggunaan kata to dan for dalam kalimat seringkali salah ketika kita membuat kalimat atau mengucapkannya secara langsung. Kedua kata ini masuk dalam kategori preposition yang memiliki makna yang sama yaitu "untuk", namun jelas aturan pemakaian mereka sangatlah berbeda jika kita lihat dari segi fungsi. Tapi ingat, bahasa inggris bukanlah bahasa yang kaku, jadi kalian tidak bisa mengartikan satu kata kedalam satu makna saja karena kata dalam bahasa inggris dapat dipengaruhi oleh konteks dan berbagai macam pengecualian lainnya. Mari kita bahas satu per satu!



Pertama, jika kita ingin mengekspresikan sebuah alasan, kita bisa menggunakan to atau for. Jadi, kita langsung mulai dengan contoh kalimat:
  1. We went to the restaurant to buy foods.
  2. We went to the restaurant for foods.
Jadi, dari kedua contoh diatas dapat kalian perhatikan bahwa jenis kata yang mengikuti to dan for adalah berbeda. Pada kalimat pertama, kata to diikuti oleh verb. Sedangkan pada kalimat kedua, kata for diikuti oleh noun. Jadi, kedua preposition dapat digunakan dalam hal ini. Sekarang, coba kalian selesaikan soal dibawah:

I do the speech well ………… get the best mark.

Kedua, untuk mengindikasi seorang penerima. Dalam hal ini, penggunaan to dan for akan menjadi lebih rumit. Mari kita bahas dengan contoh.
  1. I made a pizza for my mother.
  2. I gave the pizza to my mother.
Jadi, indikasi preposition dalam contoh ini adalah berdasarkan adanya pergerakan atau tidak. Dalam kalimat pertama, "I made a pizza for my mother" mengindikasikan bahwa "pizza" disini tidak berpindah. "I" hanya membuatnya untuk "my mother".

Kalimat kedua, sudah sangat jelas menunjukkan adanya perpindahan benda. Jika kita memberi sesuatu ke orang lain, benda tersebut akan berpindah dari tangan kita ke tangan orang yang kita beri. Jadi, "I gave the pizza to my mother", "pizza" berpindah dari tangan "I" ke tangan "my mother".

Akan sangat salah jika kalian membuat kalimat "I made a pizza to my mother".

Baca Juga : Pengertian, Penggunaan dan Contoh Penggunaan Preposition of Place

Ketiga, mengekspresikan maksud. Dalam hal ini juga banyak terjadi kesalahan karena kedua preposition dapat digunakan, hanya saja dengan cara yang berbeda. Contoh kalimat:
  1. Mr. Tika asked us to deliver a speech. 
  2. Mr. Tika asked us for a speech.
Jadi, kasus ini sama seperti seperti kasus pertama dimana to haruslah diikuti oleh verb sedangkan for diikuti oleh noun. Jadi, kasus ini tidaklah susah, bukan? Contoh lainnya: 
  1. She told us to do something.
  2. She told us for something.
Setelah ini kita akan beranjak ke kasus yang lebih umum. Tidak ada aturan pasti, tapi native speaker pasti akan mengetahui kejanggalan yang kalian buat jika kalian menempatkan to atau for dalam situasi yang salah.

Mengekspresikan waktu. Untuk menyebutkan waktu atau telling time kita gunakan to. Contoh kalimat: 
-I have an appointment at three to ten.

Mengenai jarak. Contoh kalimat: 
-It takes about 5km from my house to my school.

Membandingkan satu hal dengan hal yang lain. Contoh kalimat:
-I prefer dancing to singing.

Menyatakan tujuan. Contoh kalimat:
-I am going to Bali.

Memberi nasihat pada seseorang. Contoh kalimat:
-Eating vegetables is good for your body.

Selanjutnya ada periode waktu. Contoh:
-I lived in Bali for 12 years.

Menawarkan bantuan pada orang lain. Contoh:
-What can I do for you?

Jadi, kasus-kasus umum yang kami sebutkan diatas tidak berdasarkan aturan yang ada, namun lazimnya orang America dan British akan menggunakan to dan for dengan cara diatas. Kami harap kalian bisa mengerti dan artikel ini dapat membantu kalian.